Wanida, Nurmal and Atun, Sri (2019) Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Terstruktur Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media laboratorium virtual berbasis inkuiri terstruktur pada materi titrasi asam basa; (2) menentukan kelayakan media laboratorium virtual berbasis inkuiri terstruktur yang dikembangkan; (3) menguji perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media dengan peserta didik tanpa menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 7 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk awal, perencanaan, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Dlingo Yogyakarta yang dipilih dengan teknik random sampling. Jumlah sampel peserta pada kelas eksperimen sebanyak 26 sedangkan sampel pada kelas kontrol sebanyak 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains yaitu lembar observasi sedangkan hasil belajar kognitif berupa tes pilihan ganda. Teknik MANOVA digunakan untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media dengan peserta didik tanpa media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) media laboratorium virtual berbasis inkuiri terstruktur yang dihasilkan dapat dioperasikan melalui laptop/komputer; (2) media laboratorium virtual yang dikembangkan dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori sangat baik; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media laboratorium virtual dengan kelas yang tanpa menggunakan media laboratorium virtual dilihat dari keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Kata kunci: Media Laboratorium Virtual, Inkuiri Ierstruktur, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif, Titrasi Asam Basa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 02:38 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |