Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Ditinjau dari terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Wahyuni, Tia Rachmatika and Atun, Sri (2019) Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Ditinjau dari terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media laboratorium virtual berbasis inkuiri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit untuk peserta didik, (2) menguji kelayakan media laboratorium virtual berbasis inkuiri tersebut, (3) menguji masing-masing perbedaan kepercayaan diri dan hasil belajar kognitif, kepercayaan diri, dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media laboratorium virtual berbasis inkuiri, dan (4) menganalisis besarnya sumbangan media laboratorium virtual berbasis inkuiri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit pada masing-masing kepercayaan diri dan hasil belajar kognitif, kepercayaan diri, dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 tahapan pengembangan Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui sepuluh tahapan penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, penyempurnaan hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba, uji coba pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan diseminasi dan implementasi. Validasi produk dilakukan oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Penilaian produk dilakukan oleh tujuh peer reviewers dan lima pendidik kimia. Uji coba pelaksanaan lapangan dilakukan pada peserta didik kelas X IPA 4 dan X IPA 5 di SMA Negeri 1 Gombong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kepercayaan diri dan soal tes hasil belajar kognitif. Analisis data yang digunakan adalah MANOVA, untuk menguji perbedaan kepercayaan diri dan hasil belajar kognitif dengan adanya penerapan media tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) media laboratorium virtual berbasis inkiri ini merupakan media yang dapat dioperasikan dalam perangkat berbasis Windows kapanpun dan dimanapun, yang menyajikan kegiatan praktikum secara virtual; (2) produk media laboratorium virtual berbasis inkuiri memiliki kualitas sangat baik berdasarkan validasi ahli materi dan penilaian sangat baik berdasarkan peer reviewers, pendidik kimia, peserta didik, serta memiliki kualitas baik berdasarkan validasi ahli media, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran; (3) ada perbedaan untuk masing-masing kepercayaan diri dan hasil belajar kognitif, kepercayaan diri, dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media laboratorium virtual berbasis inkuiri; dan (4) ada sumbangan positif media laboratorium virtual berbasis inkuiri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit pada masing-masing kepercayaan diri dan hasil belajar kognitif, kepercayaan diri, dan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Laboratorium Virtual, Inkuiri, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:07
Last Modified: 21 Nov 2019 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66737

Actions (login required)

View Item View Item