Studi Komparasi antara Strategi Information Charts dan RAFT (Role, Audience, Format, Topic) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta.

Isnaini, Meidisya Lutfi and Haryadi, Haryadi (2019) Studi Komparasi antara Strategi Information Charts dan RAFT (Role, Audience, Format, Topic) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji (1) perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksposisi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Information Chart, RAFT, dan konvensional pada siswa kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta; (2) tingkat keefektifan strategi Information Chart, RAFT, dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling. Peneliti memutuskan kelas 8A SMP Negeri 12 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen 1, kelas 8C SMP Negeri 15 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas 8D SMP Negeri 2 Yogyakarta sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu jalan yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksposisi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Information Chart, RAFT, dan konvensional pada siswa kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji anava pascates kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kontrol menunjukkan nilai F sebesar 11,923. Hal tersebut berarti nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel pada taraf signifikansi 5% (11,923>3,89). Selain itu, nilai Sig. (P) = 0,001, yang berarti P lebih kecil daripada 0,05 (0,001<0,05); (2) strategi Information Chart lebih efektif daripada RAFT dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji scheffe KE1, KE2, dan KK. Selain itu, nilai rata-rata pada KE1 mengalami peningkatan sebesar 12,5, KE2 sebesar 10, dan KK sebesar 3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: information charts, menulis, strategi, eksposisi, RAFT
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:22
Last Modified: 18 Nov 2019 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66707

Actions (login required)

View Item View Item