Fajarwati, Novita and Masruri, Muhsinatun Siasah (2019) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dan Think - Pair - Share Dengan Pendekatan Scientific Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa di SMA Negeri Kota Ketapang Kalimantan Barat. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair - Share di SMA Negeri Kota Ketapang Kalimantan Barat. 2) Perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair - Share pada kelompok gaya belajar visual. 3) Perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan yang menggunakan model pembelajran kooperatif tipe Think - Pair - Share pada kelompok gaya belajar auditori. 4) Interaksi pengaruh model p embelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri Kota Ketapang Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental, dengan desain faktorian 2x 2. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X IPS di Kota Ketapang Kalimantan Barat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan terpilih siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Ketapang dengan jumlah siswa 35 orang yang diberikan per lakuan menggunakan model Scramble, dan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Ketapng dengan jumlah siswa 31 orang yang diberikan perlakuan menggunakan model Think - Pair - Share . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket gaya belajar. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar geografi siswa yang belajar menggunakan model Scra mble dan model Think - Pair - Share. Hasil belajar menggunakan model Think - Pair - Share memperoleh nilai rerata N gain sebesar 0,83 lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model Scramble dengan nilai rerata N gain seb esar 0, 76, dan taraf signifikansi 0,05 . 2) Pada kelompok gaya belajar visual, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan menggunakan model Scramble dan model Think - Pair - Share. Hasil belajar pada kelompok gaya belajar v isual think - Pair - Share mempe roleh nilai rerata sebesar 87,5 lebih tinggi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pada kelompok gaya belajar visual Scramble yang mendapatkan nilai rerata 85,52 . 3) Pada kelompok gaya belajar auditori, tidak terda pat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan menggunakan model Scramble dan model Think - Pair - Share. Hasil belajar pada kelompok gaya belajar auditori Scramble memperoleh nilai rerata sebesar 88,2 tidak lebih efektif untuk men ingkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pada kelompok gaya belajar auditori Think - Pair - Share yang mendapatkan nilai rerata 89,7 . 4) terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar geografi. Kata Kunci : Scramble, Think - Pair - Share, Gaya Belajar, Geogra fi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 03:56 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |