Persepsi Guru dan Peserta Didik Mengenai Penggunaan E-Book dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK N 1 Yogyakarta dan SMK N 7 Yogyakarta

Lestari, Dwi and Widayati, Ani (2019) Persepsi Guru dan Peserta Didik Mengenai Penggunaan E-Book dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK N 1 Yogyakarta dan SMK N 7 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR Pustak.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: persepsi guru dan peserta didik mengenai penggunaan e-book dalam pembelajaran akuntansi, beserta kendala- kendala yang ditemuinya di SMK N 1 Yogyakarta dan SMK N 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Populasi penelitian ini adalah satu guru akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dan SMK N 7 Yogyakarta, sementara untuk peserta didik adalah 64 peserta didik kelas XI jurusan akuntansi. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi (1) mengorganisasikan data (2) membaca dan membuat memo (3) mendeskripsikan, mengklasifikasi dan menafsirkan data (4) menyajikan data. Kerangka penelitian ini menggunakan technology acceptance model. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) guru SMK N 1 Yogyakarta dan guru SMK N 7 Yogyakarta mempersepsikan penggunaan e-book sebagai (a) kemudahkan mencari bahan ajar (efikasi diri), (b) dapat memberi wawasan yang luas (efikasi diri), (c) sesuai dengan kebutuhan (mobilitas), (d) variasi dengan berbagai sumber lainnya (mobilitas, dan fasilitas), (e) efisiensi penggunaan e-book menurut guru SMK N 7 Yogyakarta tergantung umur dan zaman pemakainya (resistance to change), sementara menurut guru SMK N 1 Yogyakarta membantu proses pembelajaran (efikasi diri). (2) Peserta didik SMK N 1 Yogyakarta dan SMK N 7 Yogyakarta mepersepsikan penggunaan e-book sebagai (a) kemajuan teknologi yang dapat digunakan peserta didik (efikasi diri,mobilitas, dan fasilitas), (b) alat untuk mendapatkan pengetahuan secara lebih luas (efikasi diri), (c) hal yang bervariasi dari berbagai belahan dunia (efikasi diri), (d) suatu yang relevan untuk melangkapi sumber (efikasi diri,mobilitas, dan fasilitas), (e) suatu yang dapat digunakan untuk bersaing dengan pelajar di daerah lain maupun pelajar dari negara lain yang lebih maju, dalam hal mendapatkan pengetahuan yang sama (mobilitas). Secara keseluruhan enam peserta didik memilih menggunakan e-book, tiga peserta didik memilih menggunakan e-book dan buku cetak, tiga peserta didik memilih menggunakan buku cetak. (3) Kendala yang dirasakan guru dan peserta didik yaitu jaringan internet yang lemah, membutuhkan kapasitas memori yang besar, memerlukan perangkat elektronik yang canggih, membutuhkan baterai handphone yang besar, membutuhkan kuota Internet yang banyak dan ukuran font yang kecil.. Kata Kunci : Akuntansi, E-Book, Guru, Persepsi, Peserta Didik, Technology Acceptance Model

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:38
Last Modified: 14 Nov 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66674

Actions (login required)

View Item View Item