Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV SD

Aulia, Nisa and Wuryandani, Wuri (2019) Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) media komik strip berbasis multikultural yang layak, dan (2) keefektifan media komik strip berbasis multikultural untuk meningkatkan karakter peduli sosial dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan di UPT Gondokusuman mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri atas 9 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 36 siswa pada uji coba lapangan utama dan 62 siswa pada uji coba lapangan operasional yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, skala dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dan observasi awal sebagai studi pendahuluan. Data kuantitatif diperoleh dari angket need analysis, skala penilaian ahli, angket respon, angket penilaian diri dan teman sabaya, penilaian observasi dan tes. Skala penilaian ahli serta angket respon digunakan untuk mengetahui kelayakan yang dianalisis dengan menggunakan konversi skor ke dalam lima kategori. Keefektifan media komik strip berbasis multikultural dalam meningkatkan karakter peduli sosial dan kemampuan berpikir analitis dianalisis dengan skor N-gain, uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) media komik strip berbasis multikultural memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil angket respon guru dan siswa dengan kriteria sangat layak; dan (2) media komik strip berbasis multikultural yang dihasilkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan karakter peduli sosial dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV. Hasil analisis skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain karakter peduli sosial dan kemampuan berpikir analitis di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji-t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media komik strip berbasis multikultural dapat meningkatkan karakter peduli sosial dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik strip berbasis multikultural, peduli sosial, berpikir analitis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:58
Last Modified: 08 Mar 2023 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66670

Actions (login required)

View Item View Item