Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Ramah Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD.

Anggraini, Melani Septi Arista and Sartono, Emmanuel Kus Eddy (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Ramah Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis ramah anak yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa, (2) mengetahui tingkat efektifitas multimedia interaktif berbasis ramah anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan milik Borg & Gall yang memiliki 10 langkah sebagai berikut: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk lapangan operasional dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari 12 siswa, subjek uji coba lapangan utama terdiri dari 30 siswa dan subjek uji coba lapangan operasional terdiri dari 90 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang telah dilaksanakan menggunakan pedoman observasi, podoman wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi penilaian produk, skala respon siswa, skala respon guru, soal tes pemahaman konsep dan skala penilaian karakter cinta tanah air. Analisis data yang dilakukan menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian berupa produk multimedia interaktif berbasis ramah anak oleh ahli bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan “layak” digunakan. Hasil respon siswa dan respon guru pada uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional dinyatakan “layak”. Hasil uji-t diperoleh nilai sig (p) < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan multimedia interaktif berbasis ramah anak dengan siswa yang tidak menggunakan. Multimedia interaktif berbasis ramah anak yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, ramah anak, pemahaman konsep, karakter cinta tanah air.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:18
Last Modified: 01 Nov 2021 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66666

Actions (login required)

View Item View Item