Mediasi Sikap Belajar Pada Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sarana Prasrana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Di SMA Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

Bora, Aloysius Gregorius and Indartono, Setyabudi (2019) Mediasi Sikap Belajar Pada Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sarana Prasrana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Di SMA Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Mediasi Sikap Belajar Pada Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sarana Prasrana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Di SMA Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif karena bermanfaat dalam menemukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 4 (empat) sekolah swasta dan 5 (lima) sekolah negeri pada tahun ajaran 2017/2018 di SMA Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya. Sampel yang digunakan sebanyak 341 orang siswa. Variabel penelitian ini ialah motivasi belajar, sarana prasaran belajar dan sikap belajar sebagai variabel independen, dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Motivasi belajar secara persial berpengaruh secara negatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kota Tambolaka, ditunjukkan pada nilai β = - 0.035. Dengan kontribusi sebesar 1.%. (2) Sarana prasarana belajar secara persial berpengaruh secara negatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kota Tambolaka, ditunjukkan pada nilai β = - 0.069. Dengan kontribusi sebesar 5 %. (3) Sikap belajar secara persial berpengaruh secara negatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kota Tambolaka, ditunjukkan pada nilai β = - 0. 102. Dengan kontribusi sebesar sebesar 10%. (4) Mediasi Sikap belajar pada pengaruh Motivasi belajar terhadap prestasi belajar menurun dari nilai β = - 0.035 menjadi β = - 0.014. Mediasi Sikap belajar pada pengaruh Sarana prasarana tehadap Prestasi belajar juga menurun dari nilai β = - 0.069 menjadi β = - 0.064. Kontribusi dari mediasi sikap belajar pada pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana terhadap prestasi belajar adalah 15%. Kata Kunci: Motivasi belajar, Sarana prasarana belajar, Sikap belajar, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:30
Last Modified: 14 Nov 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66664

Actions (login required)

View Item View Item