Pendidikan Alternatif untuk Anak Usia 7-9 Tahun di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta.

Berlian, Francisca Mega and Rohman, Arif (2019) Pendidikan Alternatif untuk Anak Usia 7-9 Tahun di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keunikan pendidikan alternative untuk anak usia 7-9 tahun di Sanggar Anak Alam; (2) mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan alternative untuk anak usia 7-9 tahun di Sanggar Anak Alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentsi. Wawancara dilakukan kepada ketua PKKBM, fasilitator kelas 1,2,3 yang masing-masing berjumlah 3 orang, siswa kelas 1,2,3 masing-masing 5 anak, dan orang tua murid. Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan perencanaan dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh fasilitator dan siswa. Studi dokumentasi dilakukan dengan melihat rencana pembelajaran dan dokumen sekolah. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi Teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan kategori, interpretasi langsung membentuk pola dan mengembangkan generalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sanggar Anak Alam mempunyai beberapa keunikan sebagai Pendidikan alternative. Salam mempunyai kebebasan untuk mengatur penyelenggaraan Pendidikan. Penyelenggaraan Pendidikan di Salam bekerja sama dengan berbagai pihak baik orangtua maupun masyarakat. Kegiatan belajar diselenggarakan dalam bentuk riset dan tidak ada mata pelajaran didalamnya. Kegiatan riset harus memperhatikan empat hal mendasar yakni pengan, kesehatan, lingkungan dan social budaya sebagai perspektif yang dikembangkan. Proses perencanaan riset melibatkan pendiri sekolah, pengurus sekolah, fasilitator, orangtua dan anak. Perencanaan pembelajaran harus memperhatikan kecenderungan siswa dan diharapkan mempunyai keterkaitan dengan pembelajaran di semester sebelumnya. Pelaksanaan riset melibatkan banyak aktivitas fisik. Setiap kegiatan yang dilakukan anak dapat diolah untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif dan motoric an Salam tidak menerapkan aturan yang mengikat melainkan kesepakatan-kesepakatan yang dibuat bersama. Penyelenggaraan Pendidikan dilakukan dengan fleksibel. Kegiatan belajar diselenggarakan dimana saja dan kapan saja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan alternative, pendidikan anak usia 7-9 tahun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:15
Last Modified: 13 Nov 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66639

Actions (login required)

View Item View Item