Faradiba, Deby Gemysa and Budiningsih, C. Asri (2019) Pengembangan Media Komik berbasis Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas 5 SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif kelas 5 SD, (2) mengetahui tingkat kelayakan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif kelas 5 SD, dan (3) mengetahui keefektifan komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru SD, dan siswa kelas 5 SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket penilaian kualitas kelayakan media komik, angket respon siswa, angket kepedulian sosial siswa, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji t-test (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif kelas 5 SD, (2) media komik yang dikembangkan layak berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru SD untuk seluruh aspek memperoleh kategori sangat baik, dan (3) media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial efektif berdasarkan data angket respon siswa, tes, dan angket kepedulian sosial. Data angket respon siswa memperoleh kategori sangat baik. Hasil uji-t diperoleh t hitung sebesar 9.543 dengan df sebesar 50 dan t tabel sebesar 2.008 pada taraf signifikan 5% maka t hitung lebih besar t tabel (t h : 9.543 > t t : 2.008) atau signifikansi 0.000 di bawah nilai p < 0.05 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil postest secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan data angket kepedulian sosial siswa pada kelas eksperimen yang diberikan media komik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 75% termasuk kriteria sangat tinggi. Kata kunci: karakter peduli sosial, media komik, pembelajaran tematik-integratif
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 04:27 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 04:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |