Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme, dan Pelatihan Guru Terhadap Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada SMKN di Kabupaten Cilacap

Saputra, Hanief Iqbal and Nuchron, Nuchron (2019) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme, dan Pelatihan Guru Terhadap Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada SMKN di Kabupaten Cilacap. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) kepemimpinan kepala sekolah, (2) profesionalisme guru, (3) pelatihan guru, (4) kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan pelatihan guru terhadap kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi pada SMKN di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 460 guru SMK Negeri di Kabupaten Cilacap dan sampelnya adalah 210 guru yang ditentukan dengan teknik propotional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa perhitungan rata-rata persentase. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kesiapan guru sebesar 8,4%, (2) profesionalisme guru berpengaruh terhadap kesiapan guru sebesar 17,7%, (3) pelatihan guru berpengaruh terhadap kesiapan guru sebesar 24,1%, dan (4) kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme, dan pelatihan guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kesiapan guru sebesar 7,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi pada SMKN di Kabupaten Cilacap. Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kesiapan guru, pelatihan guru, profesionalisme guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:51
Last Modified: 22 Jun 2021 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66628

Actions (login required)

View Item View Item