HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011

Mia Maryani, Mia (2012) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011 Oleh Mia Maryani 07104244020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian layanan bimbingan pribadi sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 10 Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan di dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan pribadi sosial dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA N 10 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 10 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Jumlah subjek penelitian adalah 100 siswa dari populasi sebanyak 164 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampel acak (random sampling) dan teknik sampel berimbang (propotional sampling). Metode pengumpulan atau pengambilan data dilakukan dengan angket, sedangkan instrument penelitian berupa skala, yaitu skala layanan bimbingan pribadi sosial dan skala prestasi belajar. Dari 60 item jumlah skala layanan bimbingan pribadi sosial terdapat 7 item yang gugur dan 53 item yang valid, sedangkan yang skala prestasi belajar berjumlah 35 item, dan terdapat 2 item yang gugurnya. Uji reliabilitas menggunakan Spearman-Brown. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji reliabilitas variabel layanan bimbingan pribadi sosial keofesienan reliabilitasnya sebesar 0, 594 dengan peluang galat (p) sebesar p = 0,000 (p < 0,01). Sedangkan koefesien koefisien r = 0, 353, yang artinya semangkin tinggi pemberian layanan bimbingan pribadi sosial yang diberikan maka semakin tinggi juga pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, demikian pula sebaliknya semakin rendah tingkat layanan bimbingan pribadi sosial maka semakin tinggi pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Besar sumbangan layanan bimbingan pribadi sosial terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35, 3 % sehingga masaih ada 64, 7 % sumbangan dari faktor lain dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, akan tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini, dengan kata lain masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa khususnya siswa SMA N 10 Yogyakarta. Hal ini biasa menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel layanan bimbingan pribadi sosial dengan variabel prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Pribadi Sosial, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 17 Oct 2012 08:27
Last Modified: 29 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item View Item