Rahmawati, Ariani and Senen, Anwar (2019) Pengembangan Media Convertible Book Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami dan Karakter Lingkungan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media corvertible book berbasis scientific approach yang layak untuk meningkatkan kemampuan memahami dan karakter peduli lingkungan siswa, (2) mengungkapkan keefektifan media corvertible book berbasis scientific approach yang layak untuk meningkatkan kemampuan memahami dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R & D) oleh Borg & Gall. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Moga. Pengumpulan data melaluli observasi, wawancara, angket, skala dan tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari pedoman observasi dan pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan, skala skor penilaian dari ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan angket respon siswa, skala peduli lingkungan siswa, serta tes. Kelayakan yang dihasilkan tersebut dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam lima kategori kuantitatif dan keefektifannya dianalisis dengan skor N-gain, uji t dan MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media corvertible book berbasis scientific approach memenuhi kriteria sangat layak berdasarkan hasil validasi materi dan ahli media, serta hasil angket respon guru dan respon siswa dengan kategori baik. Selain itu, media corvertible book berbasis scientific approach dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami dan karakter lingkungan hidup siswa. Hasil analisis skor N-gain menunjukkan bahwa kemampuan pemaham konsep dan karakter peduli lingkungan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media dan uji MANOVA terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,00.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | convertible book, scientific approach, memahami, peduli lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 02:02 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 02:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |