Seninil, Seninil and Soenarto, Soenarto (2019) Evaluasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Makassa. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) perencanaan praktik kerja lapangan di Kota Makassar, (2) pengorganisasian praktik kerja lapangan di Kota Makassar, (3) pelaksanaan praktik kerja lapangan di Kota Makassar, (4) pengawasan praktik kerja lapangan di Kota Makassar, (5) hasil dan manfaat praktik kerja lapangan di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model countenance dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah hubungan industri, guru koordinator praktik kerja lapangan, guru produktif, dan siswa yang telah melaksanakan praktik kerja lapangan di SMK negeri yang memiliki program keahlian teknik komputer dan informatika di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilty sampel yakni teknik sampling kuota dengan jumlah sampel sebanyak 6 wakil kepala sekolah hubungan industri, 6 guru koordinator praktek kerja lapangan, 18 guru produktif, dan 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perencanaan praktik kerja lapangan dilakukan sangat baik dengan bobot sebesar 85,69%; (2) pengorganisasian praktik kerja lapangan dilakukan sangat baik dengan bobot sebesar 82,78%; (3) pelaksanaan praktik kerja lapangan menurut guru termasuk kategori sangat baik dengan bobot sebesar 85,96% sedangkan menurut siswa dilaksanakan baik dengan bobot sebesar 78,83%; (4) pengawasan praktik kerja lapangan menurut guru termasuk kategori sangat baik dengan bobot sebesar 90,28% sedangkan pengawasan praktik kerja lapangan menurut siswa dilakukan baik dengan bobot sebesar 78,92%; (5) hasil dan manfaat praktik kerja lapangan menurut guru dan siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan bobot masing-masing sebesar 87,08% dan 83,60%. Sekolah perlu melakukan tindak lanjut berupa perbaikan terhadap aspek praktik kerja lapangan yang kurang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai, serta mengembangkan program dengan cara perluasan mitra kerja. Kata Kunci: pengelolaan, praktik kerja lapangan, Kota Makassar
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 08:00 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66602 |
Actions (login required)
View Item |