PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN STANDAR MUTU PEKERJAAN ELEKTRIKAL BANGUNAN RUMAH TINGGAL 4400 VA UNTUK PENDIDIKAN DAN LATIHAN DI INDUSTRI JASA KONSTRUKSI

Pratitis, Yasenda (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN STANDAR MUTU PEKERJAAN ELEKTRIKAL BANGUNAN RUMAH TINGGAL 4400 VA UNTUK PENDIDIKAN DAN LATIHAN DI INDUSTRI JASA KONSTRUKSI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Dafta Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tugas akhir skripsi ini bertujuan untuk: (1) Menyusun modul pembelajaran Standar mutu pekerjaan elektrikal pada bangunan rumah tinggal 4400 VA yang cocok untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri. (2) Mengetahui kelayakan modul Standar mutu pekerjaan elektrikal pada bangunan rumah tinggal 4400 VA untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri menurut ahli materi, ahli media. (3) Mengetahui tanggapan pengguna terhadap modul Standar mutu pekerjaan elektrikal pada bangunan rumah tinggal 4400 VA untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri. Penelitian tugas akhir skripsi ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang mengacu pada model penelitian pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan tahapan-tahapan (1) Define yang terdiri dari (a) Analisis Awal (b) Analisis Peserta Diklat (c) Analisis Tugas/ Materi (d) Analisis Konsep (e) Analisis Tujuan (2) Design yang meliputi (a) penyusunan tes (b) pemilihan media (c) pemilihan format (d) desain awal, (3) Develop yang terdiri dari (a) validasi ahli (b) uji pengembangan , dan tahap (4) Disseminate atau penyebaran. Penelitian pengembangan dilakukan dengan subjek penelitian pekerja di industri yang memiliki jabatan ahli, pengawas, dan instruktur diklat. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil kelayakan. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah validitas isi dengan pendapat ahli (expert judgement). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah tersusunnya modul pembelajaran Standar Mutu Pekerjaan Elektrikal pada Bangunan Rumah Tinggal 4400 VA untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja industri. Modul pembelajaran dinilai kelayakannya berdasarkan aspek materi, aspek media, dan uji coba kepada calon pengguna. Kelayakan modul ditinjau dari aspek materi memperoleh nilai 80,86% dengan kategori layak, ditinjau dari aspek media memperoleh nilai 89,34% dengan kategori sangat layak, berdasarkan tanggapan pengguna modul memperoleh nilai 84,20% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Pembelajaran, Standar Mutu Pekerjaan elektrikal, diklat
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:08
Last Modified: 08 Nov 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66585

Actions (login required)

View Item View Item