Pengembangan Multimedia Mobile-Learning Berbasis Android Virtual Reality pada Materi Fisika Inti Kelas XII IPA

Fradika, Haritsah Dany and Surjono, Herman Dwi (2019) Pengembangan Multimedia Mobile-Learning Berbasis Android Virtual Reality pada Materi Fisika Inti Kelas XII IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ii Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menghasilkan multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality pada materi Fisika Inti kelas XII IPA, (b) mendeskripsikan kelayakan multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality ditinjau dari aspek media dan materi, (c) mendeskripsikan efektifitas multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality yang dikembangkan dilihat dari hasil belajar siswa, dan (d) mendeskripsikan respon siswa terhadap multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia dengan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip. Adapun tahapan yang digunakan meliputi: (a) planning, yang terdiri dari analisis masalah, menentukan tujuan, analisis kebutuhan, dan deskripsi ide produk pengembangan, (b) designing, terdiri dari mengumpulkan materi, mendesain konten materi, membuat flowchart dan storyboard, serta evaluasi dan review desain, (c) developing, meliputi produksi produk pengembangan, alpha testing, revisi, validasi produk, beta testing, dan evaluasi. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Pelaihari (Kalimantan Selatan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar validasi ahli media dan materi, angket respon siswa, dan test. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata perolehan skor baik dari validator (ahli media dan ahli materi) maupun perolehan skor peserta didik, yang kemudian diubah mejadi data deskritif kuantitatif terdiri dari lima kategori, yaitu: sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik. Adapun teknik analisis data untuk instrumen test adalah dengan menghitung besarnya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan produk multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality pada materi Fisika Inti untuk kelas XII IPA, (2) pengembangan multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pelaihari ditinjau dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang dihitung berdasarkan perolehan nilai pretest dan postest siswa, (3) pengembangan multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality berpengaruh terhadap efektifitas belajar siswa SMAN 1 Pelaihari kelas XI IPA, (4) respon siswa terhadap multimedia mobile-learning berbasis Android virtual reality berada dalam kategori baik, sehingga multimedia ini dapat menjadi salah satu pilihan dalam mengajarkan materi Fisika Inti pada siswa. Kata kunci: mobile learning, virtual reality, Fisika Inti.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:07
Last Modified: 07 Nov 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66573

Actions (login required)

View Item View Item