Pengembangan expert system berbasis Web untuk membantu dosen mengidentifikasi gaya belajar mahasiswanya

Dewantara, Brezto Asagi and Ghufron, Anik (2019) Pengembangan expert system berbasis Web untuk membantu dosen mengidentifikasi gaya belajar mahasiswanya. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 ditandai dengan otomatisasi dan digitalisasi di berbagai sektor. Tentu saja hal berdampak langsung pada perkembangan pendidikan. Ilmu Teknologi telah diintegrasikan ke dalam sektor pendidikan sehingga era pendidikan modern dapat Memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan terkait dengan proses pembelajaran. Gaya belajar mahasiswa ikut memainkan peran penting dalam proses pembelajaran diperkuliahan, oleh karena itu dosen harus mengenali gaya belajar mahasiswanya agar dapat mendesain pembelajaran yang sesuai dengan karakter mahasiswa sehingga dapat menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengklasifikasi gaya belajar yang akan diidentifikasi website, (2) menghasilkan website analisis gaya belajar untuk membantu dosen mengenali gaya belajar mahasiswanya, (3) menguji kelayakan website analisis gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and development (R&D) yang mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 5 tahap pengembangan, yaitu (1) Tahap pengumpulan data dan informasi, (2) Tahap Perencanaan, (3) Tahap pengembangan produk (4) Validasi dan ujicoba, (5) revisi Akhir. Website ini mampu mengidentifikasi gaya belajar dengan menggunakan prinsip expert system yang dikembangkan dengan metode bayesian theorm yang menggunakan bootstrap sebagai framework antarmuka. Program melalui 3 tahap pengujian yaitu; (1) uji coba produk oleh ahli yang menggunakan angket sebagai instrumen pengujian program. Tahap pengujian ini menghadirkan 3 ahli sebagai penguji yang terdiri dari ahli materi, media dan psikometri, (2) uji coba pemakaiian terbatas dengan masa uji coba 2 bulan yang melibatkan 30 calon pengguna sebagai penguji akhir sebelum program di luncurkan (3), revisi akhir. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan program diagnosa gaya belajar berbasis website yang dapat mendukung banyak platform. Program dapat berjalan melalui koneksi internet yang dapat diakses melalui aplikasi browser. Program ini dapat mengklasifikasikan gaya belajar menjadi 3 jenis yaitu; (1) gaya belajar visual, (2) gaya belajar auditori, (3) gaya belajar kinestetik. Hasil pengujian produk pada program ini mendapat nilai dengan nilai persentase kelayakan 92,1% untuk sisi materi dan 86,8% dari sisi kelayakan. Pengujian akhir yang dilakukan oleh calon pengguna telah dapat menganalisa gaya belajar sesuai karakteristik masing masing pengguna. Pengujian usability yang menguji manfaat program terhadap pengguna mendapat presentase kelayakan 83,24%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut program dapat dikategorikan sangat layak. Kata Kunci: Revolusi Industri 4.0, Pendidikan, Website, Expert System, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:36
Last Modified: 07 Nov 2019 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66569

Actions (login required)

View Item View Item