PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GERBANG LOGIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Say, Labaik Fasya Asil (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GERBANG LOGIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: unjuk kerja game edukasi gerbang logika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mengetahui tingkat kelayakan game edukasi gerbang logika di SMK, dan mengetahui efektivitas game edukasi gerbang logika dengan pembelajaran active learning di SMK. Peneletian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) untuk aplikasi game edukasi dengan perpaduan model ADDIE dan waterfall. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 1 Pundong dengan total 30 siswa. Data penilaian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil validitas instrumen, instrumen dinilai layak dengan perbaikan, sedangkan validitas tes dari 30 soal, dinyatakan 23 soal valid. Hasil uji reliabilitas angket respons siswa ditinjau dari nilai alpha cronbach sebesar 0,94, sedangkan reliabilitas instrumen tes diperoleh 0,927. Data dianalisis dengan deskriptif, uji wilcoxon, dan uji gain. Hasil penelitian diketahui bahwa: unjuk kerja produk aplikasi game edukasi gerbang logika dengan kategori “Sangat Baik”, tingkat kelayakan materi pada aplikasi game edukasi gerbang logika dikategorikan “Sangat Layak” dengan nilai indeks Aiken 0,91, kelayakan media dikategorikan “Sangat Layak” dengan rerata presentase 91,03%, dan penilian respon siswa dikategorikan “Sangat Layak” dengan rerata presentase 83.61%, dan efektivitas aplikasi game edukasi gerbang logika dengan pembelajaran active learning dikategorikan “Sedang” dengan rerata indeks gain sebesar 0,65.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, gerbang logika, active learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:39
Last Modified: 07 Nov 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66568

Actions (login required)

View Item View Item