Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA Berdasarkan Analisis Mind Map

Fardhila, Regina Ratih and Istiyono, Edi (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA Berdasarkan Analisis Mind Map. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dalam Kurikulum 2013 menjadi salah satu perhatian dunia pendidikan di Indonesia karena termasuk dalam higher order thinking skills. Mind map dapat membangun kreativitas karena fleksibilitasnya dalam menuangkan ide atau gagasan. Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) komponen kemampuan berpikir kreatif yang harus tertuang dalam mind map, (2) kelayakan instrumen, dan (3) kemudahan penggunaan instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menggunakan prosedur penyusunan instrument non tes berdasrakan Mardapi (2017) yang meliputi: menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, menelaah instrumen, melakan uji coba, menganalisis instrumen, merakit instrumen, melaksanakan pengukuran, dan menafsirkan hasil pengukuran. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling technique. Subjek uji coba awal sebanyak 134 peserta didik dari dua SMA dan subjek uji coba lapangan sebanyak 292 peserta didik dari tiga SMA di Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, angket, dan pengukuran kemampuan berpikir kreatif. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data angket dan pengukuran kemampuan berpikir kreatif dianalisis secara kuantitatif. Validasi isi dengan metode Lawshe; rumus CVR. Validasi konstruk dengan exploratory factor analysis menggunakan program SPSS 20, dan dikonfirmasi dengan confirmatory factor analysis mengunakan program Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukkan komponen kemampuan berpikir kreatif yang harus tertuang dalam mind map yang dapat menggambarkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik adalah yang menunjukkan kemampuan merinci (elaboration), orisinalitas berpikir (originality), keluwesan berpikir (flexibility), serta kelancaran berpikir (fluency). Rentang nilai CVR 0,78 sampai 1,00. Instrumen penilaian ini terdiri dari 11 butir valid, yang terbagi dalam empat faktor dengan nilai MSA, standardized loading factor, dan t-value yang signifikan. Kecocokan konstruk model dengan data diindikasikan dengan p-value=0,31(≥0,05); Root Mean Square Error Approximation=0,028(≤0,08); dan Goodness of Fit Index=0,94(>0,90). Construct Reliability sebesar 0,74, yang berarti reliabel. Hasil Intraclass Correlation Coefficient sebesar 0,996, yang berarti reliabel dan kesepakatan antar rater bagus. Penilaian kepraktisan dan fleksibilitas instrumen berada pada kategori sangat praktis dan sangat fleksibel. Kata Kunci : biologi, kemampuan berpikir kreatif, mind map

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:12
Last Modified: 26 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66544

Actions (login required)

View Item View Item