Analisis Distraktor Soal Tes Matematika SMP

Pramudita, Kartika and Rosnawati, R. (2019) Analisis Distraktor Soal Tes Matematika SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penukaran letak distraktor pada soal matematika SMP tipe UN terhadap tingkat kesukaran butir berdasarkan teori tes klasik maupun Rasch model. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi positif antara tingkat kesukaran butir yang diperoleh dari analisis melalui tes klasik maupun model Rasch pada dua tes dengan letak distraktor berbeda. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Penelitian dilakukan di kota Yogyakarta. Subyek penelitian adalah siswa SMP kelas IX di kota Yogyakarta yang berjumlah 335 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari 40 butir soal pretes yang memiliki validitas butir sedang dan tinggi serta koefisien reliabilitasnya 0,972 sehingga tergolong baik. Postes dilakukan menggunakan 40 butir soal pretes yang telah ditukar letak distraktornya. Teknik analisis data dengan program Iteman dan Winstep serta uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesukaran butir pada dua tes yang memiliki letak distraktor berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara tingkat kesukaran butir dua tes dengan urutan distraktor berbeda berdasarkan tes klasik. Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan tingkat kesukaran butir pada dua tes dengan urutan distraktor berbeda berdasarkan model Rasch. Terdapat korelasi positif yaitu 0,943 antara tingkat kesukaran butir pada dua tes dengan urutan distraktor berbeda yang diperoleh dari tes klasik. Koefisien korelasi yang dihasilkan dari data tingkat kesukaran butir dua tes dengan urutan distraktor berbeda menggunakan model Rasch juga menunjukkan nilai positif yang tinggi yaitu 0,953. Hasil menunjukkan bahwa kedua tes yang dihasilkan dari perubahan letak urutan distraktor merupakan tes paralel. Adanya perbedaan tingkat kesukaran pada dua tes yang dihasilkan dengan pendekatan klasik disebabkan karena carry over effect. Kata Kunci : kuasi eksperimen, tingkat kesukaran, distraktor, teori tes klasik, model Rasch

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:10
Last Modified: 26 Oct 2021 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66542

Actions (login required)

View Item View Item