Juliana, Putri Wulan and Sukardi, Thomas (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) gambaran minat siswa, pemahaman diri, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK, (2) pengaruh pemahaman diri terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK, (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK, (4) pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan, (5) pengaruh lingkungan masyarakat terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan, (6) pengaruh pemahaman diri, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK secara bersama-sama. Penelitian ini adalah penelitian Expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 324 siswa kelas X SMK di Kota Yogyakarta. Sampel sejumlah 180 ditetapkan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Validitas isi dilakukan dengan expert judgment. Validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan analisis faktor dan reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 37%; tingkat pemahaman diri siswa pada kategori tinggi yaitu 41%; lingkungan keluarga pada kategori tinggi sebesar 53%; lingkungan sekolah pada kategori rendah sebesar 46%; dan lingkungan masyarakat pada kategori rendah sebesar 43%; (2) pemahaman diri berpengaruh terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK dengan kontribusi 39,2%; (3) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK dengan kontribusi 20%; (4) lingkungan sekolah berpengaruh terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK dengan kontribusi 37%; (5) lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK dengan kontribusi 20,2%; (6) pemahaman diri, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Pemesinan di SMK dengan kontribusi 56,2%. Kata Kunci: minat kejuruan, pendidikan vokasi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 02:14 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 02:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66525 |
Actions (login required)
View Item |