Efektivitas Model Blended Learning Menggunakan Cisco Packet Tracer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Jaringan Komputer

Marianus, Fransiskus and Sudira, Putu (2019) Efektivitas Model Blended Learning Menggunakan Cisco Packet Tracer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Jaringan Komputer. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model blended learning menggunakan cisco packet tracer untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep jaringan komputer pada siswa SMK Informatika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Terdapat dua kelas yang akan diberi perlakuan (treatment) yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen proses pembelajaran akan menggunakan model blended learning sedangkan pada kelas kontrol proses pembelajaran menggunakan model konvensional. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Hasil belajar diukur menggunakan tes objektif sedangkan pemahaman konsep diukur menggunakan tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA setelah uji prasyarat. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas, analisis data menggunakan statistik Kolmogrov-Smirnov dan Shapiro-Wilk sedangkan untuk mengetahui homogenitas data digunakan uji Levene. Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran dengan model blended learning menggunakan cisco packet tracer ditinjau dari hasil belajar. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran dengan model blended learning menggunakan cisco packet tracer ditinjau dari pemahaman konsep. (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran dengan model blended learning menggunakan cisco packet tracer ditinjau dari hasil belajar dan pemahaman konsep. KataKunci: Blended Learning, Cisco Packet Tracer, Hasil Belajar, dan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:48
Last Modified: 05 Nov 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66523

Actions (login required)

View Item View Item