Marianus, Fransiskus and Sudira, Putu (2019) Efektivitas Model Blended Learning Menggunakan Cisco Packet Tracer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Jaringan Komputer. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model blended learning menggunakan cisco packet tracer untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep jaringan komputer pada siswa SMK Informatika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Terdapat dua kelas yang akan diberi perlakuan (treatment) yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen proses pembelajaran akan menggunakan model blended learning sedangkan pada kelas kontrol proses pembelajaran menggunakan model konvensional. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Hasil belajar diukur menggunakan tes objektif sedangkan pemahaman konsep diukur menggunakan tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA setelah uji prasyarat. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas, analisis data menggunakan statistik Kolmogrov-Smirnov dan Shapiro-Wilk sedangkan untuk mengetahui homogenitas data digunakan uji Levene. Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran dengan model blended learning menggunakan cisco packet tracer ditinjau dari hasil belajar. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran dengan model blended learning menggunakan cisco packet tracer ditinjau dari pemahaman konsep. (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran dengan model blended learning menggunakan cisco packet tracer ditinjau dari hasil belajar dan pemahaman konsep. KataKunci: Blended Learning, Cisco Packet Tracer, Hasil Belajar, dan Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 01:48 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 01:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |