Pengembangan Mobile Learning dengan Model Skill Tree untuk Alat Bantu Pembuatan Karya Ilmiah

Ghozali, Fanani Arief and Asnawi, Rustam (2019) Pengembangan Mobile Learning dengan Model Skill Tree untuk Alat Bantu Pembuatan Karya Ilmiah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh konsep model implementasi skill tree untuk membantu pembuatan karya ilmiah; (2) memperoleh desain dan pengembangan software alat bantu pembuatan karya ilmiah dengan model skill tree yang tepat dan dapat digunakan guru guna menunjang pengetahuan penulisan karya ilmiah guru; (3) memperoleh hasil unjuk kerja software alat bantu pembuatan karya ilmiah dengan model skill tree; (4) memperoleh hasil uji materi dan media software alat bantu pembuatan karya ilmiah dengan model skill tree; dan (5) mengetahui hasil uji kualitas software alat bantu pembuatan karya ilmiah guru dengan model skill tree berdasarkan dengan standar ISO 9126. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode waterfall dan Dick and Carey. Pengujian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan quality control perangkat lunak. Ujicoba produk secara terbatas dilakukan oleh 8 mahasiswa yang memiliki pengalaman mengajar dan ujicoba secara luas dilakukan oleh 7 guru mata pelajaran kejuruan dan umum. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara explanatory sequential mixed method. Hasil penelitian dapat diketahui: (1) konsep model implementasi skill tree untuk karya ilmiah disusun dari Bab I sampai Bab V yang diberikan sistem pembuat keputusan berupa penilaian oleh pembimbing, (2) keberhasilan produk dapat dilihat dari beberapa hal, (a) tampilan utama yang disajikan berupa list menu skill tree untuk pemberian/penerimaan tugas, (b) rancangan program disusun berdasarkan kepentingan membantu menjembatani guru/mahasiswa dengan dosen/pembimbing dalam perancangan karya ilmiah, (c) menggunakan tata letak jenis relative layout, (d) elemen layout disusun secara rapi dan dilakukan pengujian sehingga navigasi dan tujuan menjadi tepat, (3) produk software sesuai dengan aspek usability karena sudah memenuhi aspek operability, learnability, understandability, dan attractiveness, (4) software sudah valid dan telah layak untuk digunakan, (5) software sudah sesuai dengan standar ISO 9126. Kata kunci: model Skill Tree, karya ilmiah, ISO 9126.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:30
Last Modified: 05 Nov 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66518

Actions (login required)

View Item View Item