Hubungan antara Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu, dan Self-efficacy dengan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Kelas X di Kabupaten Jawa Tengah.

Hadiat, Hanifah Latifah and Karyati, Karyati (2019) Hubungan antara Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu, dan Self-efficacy dengan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Kelas X di Kabupaten Jawa Tengah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu, dan self-efficacy dengan kemampuan penalaran matematika siswa SMA di Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes. Sampel berasal dari enam sekolah yang ditentukan dengan stratified propotional random sampling. Sekolah digolongkan berdasarkan akreditasi sekolah, kemudian dipilih enam sekolah yang terdiri dari tiga sekolah dengan akreditasi A, dua sekolah dengan akreditasi B, dan satu sekolah dengan akreditasi C. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Angket yang diberikan menggunakan skala likert. Pengukuran validitas instrumen menggunakan validitas ahli dan validitas konstruk. Realibititas diukur dengan menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi analisis linier ganda, regresi linier ganda dengan tiga variabel bebas, dan analisis korelasi parsial. Hasil penelitian yang diperoleh secara deskriptif, data diinterpretasikan dalam lima kriteria, yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu, dan self-efficacy secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan kemampuan penalaran siswa SMA, dimana kontribusi yang diberikan oleh kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu, dan self-efficacy adalah 46,3%. Artinya hubungan antara kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu, dan self-efficacy dengan kemampuan penalaran matematika tergolong sedang. Persamaan regresi yang diperoleh ialah Y = 0,97 + 0,422X1 + 0,0059 X2 + 0,041 X3. Hubungan antara kemampuan koneksi matematika dengan kemampuan penalaran memiliki kontribusi sebesar 23,27%. Artinya sebesar 23,27% pengaruh kemampuan koneksi matematika terhadap kemampuan penalaran matematika tanpa adanya pengaruh dari variabel lainnya. Hubungan antara rasa ingin tahu dengan kemampuan penalaran dengan kontribusi sebesar 3,59%. Artinya sebesar 3,59% pengaruh rasa ingin tahu terhadap kemampuan penalaran matematika tanpa adanya pengaruh dari variabel lainnya Hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan penalaran dengan kontribusi sebesar 1,81%. Artinya 1,81% pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematika tanpa adanya pengaruh dari variabel lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu, self-efficacy, kemampuan penalaran matematika.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:35
Last Modified: 31 Oct 2019 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66449

Actions (login required)

View Item View Item