PENGEMBANGAN MONITORING DRONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR SUHU, KELEMBAPAN DAN KETINGGIAN PADA MATAKULIAH PRAKTIK KENDALI DAN AKUISISI DATA

Janni, Muhammad Miftakhul (2019) PENGEMBANGAN MONITORING DRONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR SUHU, KELEMBAPAN DAN KETINGGIAN PADA MATAKULIAH PRAKTIK KENDALI DAN AKUISISI DATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui pengembangan monitoring drone sebagai media pembelajaran sensor kelembapan dan ketinggian pada matakuliah praktik kendali dan akuisisi data; (2) Mengetahui unjuk kerja monitoring drone sebagai media pembelajaran sensor suhu, kelembapan dan ketinggian pada matakuliah praktik kendali dan akuisisi data; (3) Mengetahui tingkat kelayakan monitoring drone sebagai media pembelajaran sensor kelembapan dan ketingggian ppada matakuliah praktik kendali dan akuisisi data ditinjau dari ahli media, ahli materi, dan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate) yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan instrumen penelitian menggunakan instrumen kuesioner dengan skala likert 4 pilihan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media pembelajaran monitoring drone terdiri dari hardware monitoring drone, software GUI, modul materi, buku panduan, dan jobsheet; (2) Unjuk kerja monitoring drone menunjukkan bahwa semua komponen dapat berfungsi dengan baik, nilai error rata-rata pembacaan suhu adalah 3,68% , nilai error rata-rata pembacaan kelembapan adalah 2,73%, dan nilai error rata-rata pembacaan ketinggian adalah 0,43% ; (3) Tingkat kelayakan media pembelajaran monitoring drone dari segi ahli media mendapatkan hasil “sangat layak” dengan persentase 90,6%, sedangkan dari segi ahli materi mendapatkan hasil “sangat layak” dengan persentase 88,1%. Tingkat kelayakan media dinilai dari segi pengguna mendapatkan hasil “sangat baik” dengan persentase 87,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: monitoring drone, media pembelajaran, suhu, kelembapan, ketinggian
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:35
Last Modified: 31 Oct 2019 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66448

Actions (login required)

View Item View Item