PENGENALAN MAKANAN TRADISIONAL DI KABUPATEN MAGELANG MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DI SMK MA’ARIF BOROBUDUR

Yuliana, Maika (2019) PENGENALAN MAKANAN TRADISIONAL DI KABUPATEN MAGELANG MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DI SMK MA’ARIF BOROBUDUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER .pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V..pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android makanan tradisional di Kabupaten Magelang, 2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android makanan tradisional di Kabupaten Magelang menurut penilaian ahli materi, 3) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android makanan tradisional di Kabupaten Magelang menurut penilaian ahli media, 4) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android makanan tradisional di Kabupaten Magelang, berdasarkan uji coba skala besar. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Define; 2) Design; 3) Development; 4) Dessiminate. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII SMK Ma’arif Borobudur sejumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan angket. Validitas instrumen dengan validitas isi menggunakan penilaian expert (expert judgment). Validasi media dilakukan oleh 2 ahli materi yaitu dosen dan guru, sedangkan ahli media dilakukan oleh dosen. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, Define meliputi kegiatan analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, b) Design meliputi kegiatan pra produksi yaitu penyusunan materi, memilih software, membuat flowchart, membuat storyboard, menyusun materi dan evalusi pembelajaran, produksi yaitu pembuatan media interaktif, c) Develope kegiatan validasi oleh ahli materi dan ahli media selanjutnya diuji coba skala kecil oleh 5 siswa dan skala besar 53 siswa, d) Disseminate membagikan link aplikasi terhadap siswa dan guru. Tingkat kelayakan media pembelajaran makanan tradisional Kabupaten Magelang berdasarkan hasil penilaian keseluruhan oleh ahli materi menghasilkan presentase 83.3%, ahli media sebesar 98%, uji coba skala kecil 85,5%, dan presentase uji coba skala besar terhadap kelas XII A yaitu 86% sedangkan untuk kelas XII B mendapat presentase total 90,6%. Hasil ini menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Makanan Tradisional di Kabupaten Magelang berbasis Android di SMK Ma’arif Borobudur karena karena memperoleh penilaian lebih dari 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Makanan Tradisional, Android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:38
Last Modified: 30 Oct 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66435

Actions (login required)

View Item View Item