PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ A SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION)

Abror, Yazid Afifudin (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ A SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ A SMK Muhammadiyah 1 Moyudan pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa, perangkat tes hasil belajar, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan untuk menghitung datanya menggunakan kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase. Analisis ini diterapkan dengan cara mengolah skor keaktifan serta rata-rata nilai tes hasil belajar siswa, menghitung persentasenya, menyajikan data, lalu penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Kesimpulan yang didapat berdasarkan penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran kooperatif TAI (Team Accelerated Instruction) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan presentase keaktifan siswa pada akhir siklus adalah 80,43 % yang berarti meningkat dari data awal atau baseline (51,19 %). Pada akhir siklus rata-rata nilai siswa adalah 79,14 yang berarti meningkat dari data awal atau baseline (66). Peningkatan paling menonjol terjadi pada aktivitas mental yang meningkat sebesar 20,60 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Team Accelerated Instruction, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:56
Last Modified: 28 Oct 2019 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66401

Actions (login required)

View Item View Item