Hubungan Pemahaman Sejarah Indonesia, Minat Belajar Sejarah dan Wawasan Kebangsaan dengan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Menengah Atas

Setiawan, Johan and Wulandari, Taat (2019) Hubungan Pemahaman Sejarah Indonesia, Minat Belajar Sejarah dan Wawasan Kebangsaan dengan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan pemahaman sejarah Indonesia dengan sikap nasionalisme siswa, (2) hubungan minat belajar sejarah dengan sikap nasionalisme siswa, (3) hubungan wawasan kebangsaan dengan sikap nasionalisme siswa, (4) hubungan pemahaman sejarah Indonesia, minat belajar sejarah, dan wawasan kebangsaan secara bersama-sama dengan sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 126 siswa, pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengungkap data tentang pemahaman sejarah Indonesia, sedangkan angket digunakan untuk mengungkap minat belajar sejarah, wawasan kebangsaan dan sikap nasionalisme. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi point biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR 20. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman sejarah Indonesia dengan sikap nasionalisme siswa. Dengan demikian, semakin tinggi pemahaman sejarah Indonesia maka sikap nasionalisme siswa juga semakin tinggi, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar sejarah dengan sikap nasionalisme siswa. Dengan demikian, semakin tinggi minat belajar sejarah maka sikap nasionalisme siswa juga semakin tinggi, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara wawasan kebangsaan dengan sikap nasionalisme siswa. Dengan demikian, semakin tinggi wawasan kebangsaan maka sikap nasionalisme siswa juga semakin tinggi, dan (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman sejarah Indonesia, minat belajar sejarah, dan wawasan kebangsaan secara bersama-sama dengan sikap nasionalisme siswa. Dengan demikian, semakin tinggi pemahaman sejarah Indonesia, minat belajar sejarah, dan wawasan kebangsaan secara bersama-sama maka sikap nasionalisme siswa juga semakin tinggi. Kata Kunci: pemahaman sejarah Indonesia, minat belajar sejarah, wawasan kebangsaan, sikap nasionalisme.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:07
Last Modified: 28 Oct 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66396

Actions (login required)

View Item View Item