Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Learning Trajectory KD 3.8 “Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI”

Febbrizal, Febbrizal and Aman, Aman (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Learning Trajectory KD 3.8 “Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI”. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan-tahapan proses pengembangan instrumen penilaian higher order thinking skill berbasis learning trajectory pada KD.3.8 “Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI”, (2) menganalisis standar kelayakan instrumen penilaian higher order thinking skill berbasis learning trajectory pada KD.3.8 “Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model Borg & Gall dan Mardapi tentang prosedur pengembangan tes, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba tahap pertama, (5) revisi produk (6) ujicoba tahap kedua, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian dan pengumpulan informasi dilakukan untuk telaah konsep berdasarkan kajian teori yang relevan. Produk Instrumen penilaian HOTS diuji dengan teknik analisis validasi isi. Validasi dilakukan pada tahap pengembangan produk awal oleh ahli penilaian instrument penelitian, validasi tampang oleh ahli materi pembelajaran sejarah dan tiga guru sejarah untuk menilai keterbacaan instrumen dan 5 orang siswa untuk menilai kejelesaan instrumen. Uji coba insrumen tahap pertama pada 28 peserta didik di kelas XI SMAN 2 Yogyakarta dan tahap kedua pada 26 peserta didik di kelas XI SMAN 6 Yogyakarta. Selanjutnya pada tahap analisis data dilakukan pendekatan analisis butir menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh untuk mengetahui kelayakan instrumen yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) tahapan-tahapan proses pengembangan, pertama adalah mendesain RPP yang mengabsorpsi konsepsi HOTS dan learning trajectory berdasarkan kajian teori hingga menurunkanya dalam langkah kedua yakni desain Instrumen penilaian HOTS berbasis LT berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir, langkah ketiga dilakukan uji validasi isi produk awal dengan hasil yang layak dari validator, langkah terakhir mereduksi produk soal sesuai masukan validator dan pertimbangan ujicoba. (2) standar kelayakan instrumen dari hasil analisis butir soal pada tahap ujicoba pertama dan kedua memenuhi kriteria semua valid berdasarkan outfit MNSQ dan ZSTD, reliabel dengan koefisisen 0,40 (cukup) dan 0,75 (kuat). Sementara dari tingkat kesukaran memiliki rata-rata 0,452 (sedang) dan 0,628 (sedang). Kemudian uji daya pembeda memiliki rata-rata 0,252 (revisi) dan 0,333 (diterima revisi). Terakhir efektivitas distraktor pada tahap ujicoba pertama dan kedua memiliki kriteria kategori baik. Kata Kunci: instrumen penilaian, HOTS (Higher Order Thinking Skill), learning trajectory, pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:54
Last Modified: 28 Oct 2019 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66393

Actions (login required)

View Item View Item