Harapan, Pedang Samodra (2019) KEMAMPUAN SOFT SKILLS SISWA DI SMK KRISTEN 5 KLATEN YANG DIBUTUHKAN DI INIDUSTRI DILIHAT DARI KEJUJURAN DAN KEDISIPLINAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1.COVER.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB 2.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 3.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB 4.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB 5.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuansoft skills siswa kelas XI SMK Kristen 5 Klaten ditinjau dari aspek kedisiplinan dan kejujuran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini terdiri dari 88 siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Kristen 5 Klaten. Pengumpulan data menggunakan instrumen tentang kedisiplinan dan kejujuran dalam bentuk kuesioner, yang telah divalidasi oleh dosen. Analisis data menggunakan analisis statistik diskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Kristen 5 Klaten mayoritas siswa mempunyai tingkat kedisiplinan dengan kategori sangat rendah sebanyak 40%. Sedangkan siswa dalam kategori rendah sebesar 22%, serta siswa dalam kategori tinggi sebesar 22% dan 16% siswa dalam kategori sangat tinggi. Mayoritas kejujuran siswa kelas XI mempunyai tingkat kejujuran yang sangat rendah dengan pesentase 40%. Sedangkan siswa dengan kategori rendah 13%, serta kategori tinggi dengan 30% dan siswa dengan kategori sangat tinggi dengan 17%. Hal tersebut dapat diperjelas berdasarkan komponen kedisiplinan dan kejujuran, yaitu berdasarkan taat/patuh sebanyak 31%, siswa dalam kategori sangat rendah, teratur sebanyak 30%, siswa dalam kategori rendah, konsisten sebanyak 30%, siswa dalam kategori rendah dan kesungguhan sebanyak 29%, siswa dalam kategori rendah. Untuk kejujuran siswa dapat dilihat dari pencapaian pembelajaran sebesar 36% siswa dalam kategori sangat rendah dan ketidakjujuran akademik sebesar 42% dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, kejujuran, soft skills, SMK Teknik Kendaran Ringan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66387 |
Actions (login required)
View Item |