IDENTIFIKASI STRUKTUR BATUAN BAWAH PERMUKAAN ZONA RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DI DUSUN NGRANCAH DESA PENDOWOREJO KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO

Latif, Faizal and Katriani, Laila (2019) IDENTIFIKASI STRUKTUR BATUAN BAWAH PERMUKAAN ZONA RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DI DUSUN NGRANCAH DESA PENDOWOREJO KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, FMIPA, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi (lembar pengesahan) (1).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di salah satu kawasan kabupaten Kulon Progo yang rentan terhadap bencana longsor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi struktur bawah permukaan zona kerentanan longsor, dan mengetahui arah pergerakan tanah pada lereng bukit apabila terjadi gerakan tanah. Penelitian ini dilakukan dengan metode resistivitas konfigurasi Wenner di dusun Ngrancah Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Peralatan utama yang digunakan dalam pengambilan data adalah Resistivitymeter (Oyo McOHM type 2115 A). Lintasan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 5 lintasan dengan lokasi penelitian berada pada koordinat 7°45’11,66” LS sampai 7°45’0,97” LS dan 110°11’26,10” BT sampai 110°11’16,93” BT. Metode yang digunakan adalah resistivitas berdasarkan Hukum Ohm, dengan menginjeksikan arus melalui dua elektroda arus maka dapat diukur beda potensial yang muncul dari elektroda potensial. Hasil analisis dan interpretasi dari pemodelan 2 dimensi dan 3 dimensi menunjukkan bahwa struktur bawah permukaan pada Dusun Ngrancah terdiri dari batuan lempung dan batuan pasir, pada atas permukaan lebih didominsi oleh batuan lempung. Untuk nilai resistivitas batuan lempung bernilai 2,8 sampai 21,15 Ωm, sedangkan untuk batuan pasir bernilai 21,15 sampai 63,1 Ωm. Arah gerakan tanah bergerak 100 dari arah utara menuju barat laut dan keluar dari lereng sejajar kontur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Geolistrik, Longsor, Pendoworejo
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:08
Last Modified: 01 Nov 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66385

Actions (login required)

View Item View Item