Mobile Learning Di Sekolah Mengah Atas (SMA) Guna Membantu Pemahaman Materi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.

Kurniawati, Lintang Setyo and Priyanto, Priyanto (2019) Mobile Learning Di Sekolah Mengah Atas (SMA) Guna Membantu Pemahaman Materi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan konten pembelajaran matematika yang layak dalam mobile learning dengan mengggunakan platform quipper school pada sub bab limit fungsi siswa kelas XI SMA; (2) Mendeskripsikan keefektifan pemebelajaran mobile learning pada mata pelajaran matematika sub bab limit fungsi aljabar siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupaka penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis, desain, develop, implementation, evaluation. Validitas produk dilakukan oleh seorang ahli materi, ahli media, dua guru matematika dan lima teman sejawat. Subjek penelitian adalah 42 siswa kelas XII di SMAN 8 dan SMAN 9 Yogyakarta untuk uji terbatas, 200 siswa kelas XI SMAN 8 dan SMAN 9 Yogyakarta untuk uji coba lapangan. Instrumen uji coba terdiri dari tes, lembar penilaian materi, lembar penilaian media, lembar penilaian guru dan teman sejawat, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan V Aiken, Uji Independent sample T-test dan uji standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Moblie learning berbasis platform quipper school layak digunakan berdasarkan standar baku lima dengan kategori sangat baik; (2) Mobile learning berbasis platform quipper school efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi limit fungsi aljabar dengan uji standard gain sebesar 5,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Mobile learning, limit fungsi aljabar, quipper school, pemahaman konsep, keefektifan pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:39
Last Modified: 25 Oct 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66381

Actions (login required)

View Item View Item