RELEVANSI KURIKULUM PEMBELAJARAN PENGELASAN SMK NEGERI 1 SEDAYU TERHADAP DUNIA INDUSTRI

Rilhuda, Ridjal (2019) RELEVANSI KURIKULUM PEMBELAJARAN PENGELASAN SMK NEGERI 1 SEDAYU TERHADAP DUNIA INDUSTRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman judul sd daftar lampiran.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan industri menjadikan tolak ukur yang harus dijawab oleh pencetak sumber daya manusia khususnya SMK. Kurikulum merupakan alat paling mudah untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki siswa SMK nantinya. Kurikulum penyelenggaraan di SMK akan terwujud bila apa yang disusun berdasarkan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi Kurikulum Pembelajaran Pengelasan SMK N 1 Sedayu terhadap Dunia Industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah industri pengelasan yang terdapat di Yogyakarta berjumlah dua Industri yaitu, PT. Mega Andalan Kalasan dan PT. Kereta Api Indonesia. Pengumpulan data diakukan dengan angket berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 mata pelajaran teknik pengelasan pada kompetensi keahlian teknik pengelasan di SMK N 1 Sedayu data nantinya akan ditemukan relevan atau tidak relevan terhadap kebutuhan industri. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kurikulum pembelajaran pengelasan SMK Negeri 1 Sedayu relevan terhadap dunia industri, ditunjukan pada hasil persentase sebesar 76.78%. Adapun kompetensi yang diajukan dari pihak responden yaitu Gas cutting, SOP pengelasan di Industri dan Heat treatment.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relevan, kurikulum, dunia industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:38
Last Modified: 25 Oct 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66374

Actions (login required)

View Item View Item