Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Service Learning untuk Meningkatkan Reflective Thinking dan Environment Literacy Peserta Didik SMP

Rahmat, Yudist Prasetyo and Wilujeng, Insih (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Service Learning untuk Meningkatkan Reflective Thinking dan Environment Literacy Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap penggunaan perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning untuk meningkatkan reflective thinking dan environment literacy. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik SMP Negeri 1 Mlati. Sampel dalam penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis service learning. Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pretest-posttest control group desain. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi produk, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon peserta didik, soal kemampuan reflective thinking dan environment literacy. Keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning dianalisis berdasarkan gain score. Signifikansi multivariate dianalisis dengan MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning yang dikembangkan valid dalam kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning hasil pengembangan praktis digunakan. Perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning efektif untuk meningkatkan kemampuan reflective thinking dan environment literacy.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: environment literacy, perangkat pembelajaran IPA, reflective thinking, service learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:11
Last Modified: 25 Oct 2019 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66370

Actions (login required)

View Item View Item