Pengembangan Web Modul IPA Menggunakan Problem-Based Learning Bermuatan Potensi Lokal Batik untuk Meningkatkan Thinking Skill dan Communication Skill.

Putri, Agnesi Sekarsari and Aznam, Nurfina (2019) Pengembangan Web Modul IPA Menggunakan Problem-Based Learning Bermuatan Potensi Lokal Batik untuk Meningkatkan Thinking Skill dan Communication Skill. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan web modul IPA berbasis Problem-Based Learning untuk meningkatkan thinking skill dan communication skill peserta didik yang layak menurut ahli media dan ahli materi serta praktis menurut praktisi dan (2) mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan web modul IPA yang dikembangkan tersebut terhadap peningkatan thinking skill dan communication skill peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan 4D dengan tahap meliputi: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gamping. Subjek uji coba terbatas terdiri dari sembilan peserta didik kelas VII A. Subjek uji coba lapangan kelas eksperimen terdiri dari 25 peserta didik kelas VII E dan kelas kontrol terdiri dari 25 peserta didik kelas VII F. Pengumpulan data menggunakan angket validasi web modul IPA, angket keterbacaan web modul, lembar observasi communication skill, dan tes thinking skill. Analisis data menggunakan pedoman penskoran skala empat, gain score ternormalisasi, uji Manova dengan taraf signifikansi 5%, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan web modul IPA berbasis Problem Based Learning terintegrasi potensi lokal batik yang layak serta praktis dan (2) web modul IPA berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan thinking skill dan communication skill peserta didik secara signifikan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: communication skill, problem-based learning, potensi lokal batik, thinking skill, web modul IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:15
Last Modified: 25 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66363

Actions (login required)

View Item View Item