Pengembangan Modul Pemanfaatan Megabiodiversitas Nusakambangan Berbasis SETS untuk Meningkatkan Sikap Bela Negara dan Keterampilan Proses IPA Peserta Didik

Hayati, Isna Amanatul and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Modul Pemanfaatan Megabiodiversitas Nusakambangan Berbasis SETS untuk Meningkatkan Sikap Bela Negara dan Keterampilan Proses IPA Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pemanfaatan megabiodiversitas Nusakambangan berbasis pendekatan SETS yang valid dan praktis digunakan peserta didik dalam pembelajaran IPA, (2) mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan untuk meningkatkan sikap bela negara dan keterampilan proses IPA peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model 4-D dari Thiagarajan. Langkah-langkah penelitian terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Define bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan menetapkan produk yang akan dikembangkan, (2) Design untuk merancang produk modul pembelajaran IPA dengan memanfaatkan potensi lokal megabiodiversitas Nusakambangan berbasis SETS, (3) Develop bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pemanfaatan megabiodiversitas Nusakambangan berbasis SETS yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPA dan peserta didik, (4) Disseminate dilakukan dengan cara melakukan penyebarluasan pada produk yang telah dihasilkan. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subyek penelitian dan pengembangan yaitu peserta didik kelas VII SMP N 3 Cilacap tahun pelajaran 2018/ 2019. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar angket, lembar observasi dan soal pretest-posttest. Data kualitatif terdiri dari masukan dan saran dari validator, respon peserta didik dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran di kelas. Data kuantitatif berupa hasil angket sikap bela negara dan hasil nilai tes keterampilan proses IPA. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi, gain score dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pemanfaatan megabiodiversitas Nusakambangan berbasis SETS dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat layak, (2) modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan sikap bela negara dan keterampilan proses IPA berdasarkan uji manova dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Kata Kunci: modul, megabiodiversitas Nusakambangan, SETS, sikap bela negara, keterampilan proses IPA

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:31
Last Modified: 24 Oct 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66328

Actions (login required)

View Item View Item