Pengembangan Web-Modul Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking dan Practical Skill Siswa SMP

Tari, Detri Kurnia and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Web-Modul Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking dan Practical Skill Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dibagi menjadi dua. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui kelayakan web-modul CTL untuk meningkatkan critical thinking dan practical skill. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui keefektifan web-modul CTL untuk meningkatkan critical thinking dan practical skill. Penelitian ini merupakan penilitian R&D dengan menggunakan desain penelitian 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap define dilakukan kegiatan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan kegiatan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format dan pembuatan rancangan awal produk. Tahap develop meliputi kegiatan peninjauan oleh dosen pembimbing, validasi produk oleh ahli, guru dan siswa serta uji coba produk. Selanjutnya tahap disseminate meliputi kegiatan penyebarluasan web-modul kepada guru dan siswa kelas VIII SMP N 2 Jetis. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi webmodul untuk ahli materi, lembar validasi web-modul untuk ahli media, angket kepraktisan web-modul untuk guru, angket keterbacaan web-modul untuk siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes berupa pretest dan post-test untuk mengukur critical thinking, dan lembar observasi practical skill. Kegiatan validasi web-modul menghasilkan data kuantitatif berupa skor yang dianalisis dengan konversi skala 5. Pada kegiatan uji coba diperoleh data keterlaksanaan pembelajaran melalui kegiatan observasi yang dianalisis dalam bentuk persentase, serta data peningkatan critical thinking dan practical skil yang dianalisis dengan MANOVA. Penelitian ini menghasilkan web-modul CTL untuk meningkatkan critical thinking dan practical skill yang layak berdasarkan validasi ahli dan uji empiris. Selain itu web-modul CTL yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan critical thinking dan practical skill berdasarkan hasil analisis data dengan MANOVA Kata Kunci : critical thinking, CTL, practical skill, web modul

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:55
Last Modified: 24 Oct 2019 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66324

Actions (login required)

View Item View Item