Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis In q uir y Training Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Aute ntik Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate

Tamalene, Asri S and Wilujeng, Insih (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis In q uir y Training Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Aute ntik Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ke validan modul pembelajaran IPA berbasis in q uir y training materi “Interaksi Makhluk Hidup de ngan Lingkungannya” untuk pembelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate, (2) mengetahui kepraktiasan modul pembelajaran IPA berbasis in q uir y training materi “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya” u ntuk pembelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate , dan (3 ) mengetahui keefektifan modul pembelajaran IPA berbasis in q uir y training materi “Interaksi Mak hluk Hidup dengan Lingkungan” u ntuk meningkatkan capaian belajar autentik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate . Penelitian ini meng gunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadopsi model 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) lembar validasi , yang digunakan untuk me ndapatkan data tentang kevalidan modul dari ahli materi dan ahli media, (2) angket respon siswa dan guru , yang digunakan untuk mendapatkan data kepraktisan modul , (3) soal tes, digunakan untuk mengetahui keefektifan modul dan (4) lembar observasi, digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotori k dan afektif siswa saat proses pembelajaran . Ke validan modul oleh ahli dianalisis secara kualita tif dengan skala lima kategori, kepraktisan modul oleh siswa dianalisis secara kualitatif dengan dua al ternatif jawaban yaitu jawaban Ya / Tidak, sedangkan kepr aktisan modul oleh guru dianalis secara kualitatif dengan skala lima kategori, dan keefektifan modul dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan program PSS 20 paired sample t test . Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) modul pembelajaran IPA berbasis i nquiry training materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dinyatakan “ sangat valid ” berdasarkan h asil validasi yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media, (2) modul pembelajaran IPA berbasis inquiry training materi interaksi makhluk hidup den gan lingkungannya dinyatakan “ sangat praktis ” digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan h asil respon siswa dan guru, (3 ) m odul pembelajaran IPA berbasis inquiry training materi “ interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya ” dinyatakan efektif meningkatkan c apaian belajar autentik ranah kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate dengan nilai signifikansi < 0,005 . U ntuk ranah sikap , rata - rata si kap siwa berada pada kategori “ sangat baik ” dengan p redikat A. Sedangkan untuk ranah psikomotorik, rata - rat a siswa berada pada ketegori “ sangat baik ” dengan predikat A. Kata Kunci: modul, pembelajaran IPA, inquiry training, capaian belajar autentik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:10
Last Modified: 24 Oct 2019 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66320

Actions (login required)

View Item View Item