Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Long Bumbung Berbantu Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Fisis dan HOTS Peserta Didik SMA pada Materi Bunyi.

Ramadhan, Rahmad Hudan and Kuswanto, Heru (2019) Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Long Bumbung Berbantu Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Fisis dan HOTS Peserta Didik SMA pada Materi Bunyi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media komik fisika berbasis kearifan lokal long bumbung yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan komik fisika berbasis kearifan lokal long bumbung dalam meningkatkan kemampuan representasi fisis dan HOTS peserta didik. Materi fisika yang digunakan pada long bumbung mengacu pada gelombang bunyi. Metode penelitian ini berdasarkan pada model pengembangan 4D yaitu define (identifikasi), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah 66 peserta didik kelas XI IPA SMAN 6 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 untuk uji coba terbatas, 251 peserta didik kelas XI IPA dari MAN 2 Yogyakarta beberapa SMAN Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 untuk uji empiris, dan 60 peserta didik kelas X IPA SMAN 3 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan representasi fisis dan HOTS peserta didik. Instrumen non tes berupa angket penilaian kelayakan produk, angket telaah instrumen tes dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk menggunakan skala baku, sedangkan kevalidan instrumen soal dengan Aiken V dan analisis butir soal pada partial credit model (PCM) dengan software Quest. Teknik analisis uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan representasi fisis dan HOTS peserta didik menggunakan generalized linear model (GLM) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk komik fisika berbasis kearifan lokal long bumbung yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan pada penilaian materi, media, dan kepraktisan menurut ahli, guru fisika, dan peer reviewer dengan kategori sangat baik, butir instrumen tes memenuhi kriteria valid menurut ahli, praktisi, teman sejawat, dan reliabel sesuai teori respons butir pada partial credit model, dan (2) produk komikfisika berbasis kearifan lokal long bumbung efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi fisis dan HOTS peserta didik dengan nilai partial eta square (sumbangan efektif) sebesar 91% dan 95,4% yang lebih besar dari pada peelajaran diskusi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Fisika, Android, Kearifan Lokal long bumbung, Representasi Fisis, HOTS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:00
Last Modified: 23 Oct 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66288

Actions (login required)

View Item View Item