Kesulitan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 oleh Guru Geografi Di SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman DIY.

Nugroho, Fajar Agung and Hastuti, Hastuti (2019) Kesulitan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 oleh Guru Geografi Di SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman DIY. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesulitan-kesulitan yang yang dihadapi guru geografi dalam pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman, (2) mengetahui kompetensi guru yang mengalami kesulitan pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman dan (3) mengetahui upaya apa sajakah yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan dalam pengembangkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, studi kasus pada kesulitan pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum 2013. Tempat penelitian ini di SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman. Informan dipilih secara purposive sampling terdiri dari atas dua guru geografi SMA Negeri 1 Ngaglik. Data dari informan dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah- langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kesulitan guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran meliputi a) guru kesulitan dalam menentukan alokasi waktu; b) Guru kesulitan menggunakan media pembelajaran serta kesulitan menyusun dan melakukan analisis penilaian; c) Bahan ajar yang masih kurang dan jumlah tidak sesuai dengan siswa; d) Sarana prasarana yang terbatas; (2) Kompetensi guru yang yang diteliti adalah dua informan dalam empat kompetensi guru yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi sosial, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Keprofesional sudah masuk kategori baik; (3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 yaitu: a) mengalokasikan waktu dengan cara guru melihat dari segi SKL materi karena berpatokan dengan melihat materi UN yang sering keluar; b) guru diberikan petunjuk dengan menggunakan aplikasi penilaian dan diberikan tips dalam menerapkan pembelajaran yang efektif serta pembinaan kepada siswa yang nilai belum tuntas dari KBM; c) guru memberikan tugas kepada siswa dengan cara mencari permasalahan yang ada di media cetak kemudian siswa membuat laporan dan melakukan presentasi; d) guru menggunakan metode explore sehingga siswa diharapkan dapat mencari dan membahas permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan guru, perangkat pembelajaran, kompetensi guru, upaya
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:13
Last Modified: 23 Oct 2019 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66276

Actions (login required)

View Item View Item