Santi, Midaiyana Nella and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran discovery learning yang layak untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak usia 4-5 tahun, (2) menghasilkan model pembelajaran discovery learning yang layak untuk anak usia 4-5 tahun, dan (3) mengungkapkan keefektifan model yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan dari Borg & Gall yang disederhanakan dari 10 langkah menjadi sembilan langkah pengembangan dan dikelompokkan menjadi tiga produr pengembangan yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan produk, dan (3) tahap validasi produk. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi, sedangkan uji coba dilakukan melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 4 guru dan 52 anak, uji coba lapangan pada 6 guru dan 77 anak, serta uji efektivitas pada 7 guru dan 108 anak. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi. Teknik analisis data uji efektivitas yang digunakan adalah uji Paired Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning yang dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif untuk mengenalkan bentuk geometri. Penilaian kelayakan materi menghasilkan skor 110 dan 105 yang berada pada kategori “sangat layak” dan “layak”. Pada hasil uji coba lapangan awal, hasil respon guru terhadap model pembelajaran discovery learning adalah skor 105,25 yang berada pada kategori “layak”, sedangkan uji coba lapangan mendapatkan skor 116,5 yang berada pada kategori “sangat layak”. Pengembangan model pembelajaran discovery learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun karena hasil uji-t diperoleh nilai sig (p) < 0,05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara kemampuan anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia 4-5 tahun, bentuk geometri, discovery learning |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 02:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 02:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66264 |
Actions (login required)
View Item |