Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun.

Santi, Midaiyana Nella and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran discovery learning yang layak untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak usia 4-5 tahun, (2) menghasilkan model pembelajaran discovery learning yang layak untuk anak usia 4-5 tahun, dan (3) mengungkapkan keefektifan model yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan dari Borg & Gall yang disederhanakan dari 10 langkah menjadi sembilan langkah pengembangan dan dikelompokkan menjadi tiga produr pengembangan yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan produk, dan (3) tahap validasi produk. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi, sedangkan uji coba dilakukan melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 4 guru dan 52 anak, uji coba lapangan pada 6 guru dan 77 anak, serta uji efektivitas pada 7 guru dan 108 anak. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi. Teknik analisis data uji efektivitas yang digunakan adalah uji Paired Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning yang dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif untuk mengenalkan bentuk geometri. Penilaian kelayakan materi menghasilkan skor 110 dan 105 yang berada pada kategori “sangat layak” dan “layak”. Pada hasil uji coba lapangan awal, hasil respon guru terhadap model pembelajaran discovery learning adalah skor 105,25 yang berada pada kategori “layak”, sedangkan uji coba lapangan mendapatkan skor 116,5 yang berada pada kategori “sangat layak”. Pengembangan model pembelajaran discovery learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun karena hasil uji-t diperoleh nilai sig (p) < 0,05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara kemampuan anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: anak usia 4-5 tahun, bentuk geometri, discovery learning
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:37
Last Modified: 22 Oct 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66264

Actions (login required)

View Item View Item