Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Materi Permainan Kasti untuk Siswa SD Kelas Atas.

Puspita, Hendra and Lismadiana, Lismadiana (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Materi Permainan Kasti untuk Siswa SD Kelas Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan instrumen penilaian dalam pembelajaran penjasorkes pada materi permainan kasti yang sesuai untuk siswa SD kelas atas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari Borg and Gall. Pada tahap uji coba terbatas, peneliti melibatkan 2 orang guru dan 22 siswa kelas V yang diambil dari MI Sananul Ula. Pada tahap uji coba skala luas, peneliti melibatkan 5 orang guru dan 48 siswa kelas V yang diambil dari SD 1 Petir, SD Mojosari, SD Kembangsari dan SD Sanansari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar kuesioner yang digunakan dalam studi pendahuluan, serta angket yang dijadikan sebagai alat penilaian dari dua orang pakar/ahli untuk pengujian validitas internal atau isi instrumen yang akan diujicobakan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Hasil rancangan model instrumen penilaian penjasorkes pada materi bola kasti untuk siswa SD kelas atas berupa serangkaian rubrik penilaian yang berisi nama instrumen, tujuan penilaian, pedoman pelaksanaan, faktor dan indikator permainan bola kasti, tugas bermain siswa, petunjuk dan pedoman pengisian lembar observasi, teknik penilaian, dan lembar observasi untuk melihat kemampuan siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada materi permainan bola kasti untuk siswa SD kelas atas dalam permainan yang dikondisikan. (2) Model instrumen penilaian penjasorkes pada materi bola kasti untuk siswa SD kelas atas memiliki validitas yang sangat baik, (3) Hasil uji reliabilitas instrumen penilaian penjasorkes pada materi bola kasti untuk siswa SD kelas atas diperoleh nilai reliabilitas total penilaian akhir masuk dalam kategori baik dan perhitungan ICC antar-rater masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, penjasorkes, permainan kasti, siswa SD kelas atas
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:04
Last Modified: 21 Oct 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66236

Actions (login required)

View Item View Item