Prayogo, Fika Enggar and Purwanto, Sugeng (2019) Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul (Analisis Hambatan dan Faktor Pendukung Implementasi Kurikulum 2013). S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam mengimplementasikan Kurukulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data deskriptif berupa kata-kata dalam bentuk tertulis atau lisan dari objek dan perilaku yang dapat diamati. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK SMP pada sekolah yang dijadikan percontohan dalam implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Bantul. Objek penelitian ini adalah kesiapan pemerintah/sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013, perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan, penilaian, buku teks dan sarana prasarana di sekolah. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu peneliti itu sendiri menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara dan dokumen/arsip. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan peniarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi Kurikulum 2013 yaitu : 1) Pelatihan-pelatihan sudah dilaksanakan untuk guru dari pemerintah tentang Kurikulum 2013 dan pelatihan dilaksanakan tingkat Kabupaten yang membahas secara spesifik materi PJOK oleh MGMP. 2) Pembuatan Rencana Pembelajaran guru memanfaatkan kelompok kerja yang dibentuk oleh MGMP sehingga beberapa guru senior masih mengandalkan guru lain untuk mengerjakan. 3) Dalam pelaksanaan pebelajaran masih ada guru yang berpegang pada prinsip pembelajaran lama yaitu Kurikulum 2006 sehingga perlu beradaptasi untuk menggunakan pendekatan baru dalam Kurikulum 2013. 4) Banyaknya administrasi dan aspek yang harus dinilai sehingga guru mengalami kesulitan dalam melakukannya. 5) Buku teks yang disediakan pemerintah untuk guru dan siswa dirasa sulit untuk dipahami karena tidak ada panduan yang jelas dalam menggunakannya dan perlu didukung dengan referensi tambahan seperti LKS. 6) Hampir semua sekolah tidak memiliki sarana yang menunjang secara maksimal untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan dan pendukung, implementasi, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 06:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 06:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66235 |
Actions (login required)
View Item |