Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Materi Asam dan Basa Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Katerampilan Psikomotor Siswa SMA.

Sukriani, Eti and Atun, Sri (2019) Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Materi Asam dan Basa Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Katerampilan Psikomotor Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode Penelitian menggunakan quasi–eksperimen dengan desain pretest - Posttest Only Control Group Design. Jumlah poulasi dari dua sekolah yang setara. Pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga memperoleh 65 peserta didik dimana terdapat dua kelas eksperimen dengan menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan kelas kontrol menggunakan Pendekatan Saintifik. Instrumennya divalidasi oleh 2 orang dosen serta diujicobakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Instrumen untuk mengumpulkan data keterampilan psikomotor peserta didik menggunakan lembar observasi sedangkan untuk data hasil belajar kognitif dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data berupa uji t – tes dengan uji prasyarat hipetesis berupa normalitas, uji homogenitas dan uji indepent t- test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan pendekatan pembelajaran saintifik pada materi asam dan basa terhadap hasil belajar kognitif dan terdapat perbedaan perbedaan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan pendekatan pembelajaran saintifik terhadap keterampilan psikomotor peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), pendekatan saintifik, hasil belajar kognitif, keterampilan psikomotor, pendidikan kimia.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:47
Last Modified: 21 Oct 2019 04:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66229

Actions (login required)

View Item View Item