PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Hudha, Mahda Enja Al (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1 Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2 Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3 Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4 Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5 Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran Skripsi.pdf

Download (78MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut pada Kompetensi Dasar 3.1 untuk siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut pada Kompetensi Dasar 3.1 untuk siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) mengacu pada model four-D (define, design, develop, disseminate). Objek penelitian adalah produk hasil pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut pada Kompetensi Dasar 3.1 untuk siswa kelas XII Teknik Pemesinan. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas XII TP1 program keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tahun ajaran 2019/2020. Validasi instrumen/produk penelitian dilakukan dengan validasi ahli (expert appraisal). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data pengembangan dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran interaktif Teknik Pemesinan Bubut yang dikembangkan memiliki lima menu utama yaitu: tentang media, petunjuk, materi, evaluasi, dan pustaka. Dalam media terdapat tombol navigasi utama seperti: home, exit, sound, next, back, cancel, dan daftar isi. Materi disusun dengan menggunakan kumpulan teks, gambar, audio, video, dan animasi. Materi tersebut disajikan dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013 yang terdiri dari menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Media memiliki 80 halaman utama dengan ukuran file sebesar 236MB yang dijalankan dengan komputer berspesifikasi: Prosesor Intel Core i7, Memori 1TB, dan RAM 4GB. (2) Kelayakan media ditentukan dari hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,31 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan hasil respon uji coba pada siswa dengan rerata skor 3,22 yang termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran interaktif Teknik Pemesinan Bubut berbasis Lectora Inspire 17 ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Teknik Pemesinan Bubut, R&D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:01
Last Modified: 21 Oct 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66224

Actions (login required)

View Item View Item