Intensitas Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi Pada Mata Pelajaran PPKn SMA di Kota Malang

Fitriana, Ayu and Samsuri, Samsuri (2019) Intensitas Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi Pada Mata Pelajaran PPKn SMA di Kota Malang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1-8.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) intensitas penggunaan sumber belajar audio dengan kompetensi profesional guru, (2) intensitas penggunaan sumber belajar video dengan kompetensi profesional guru, (3) intensitas penggunaan sumber belajar interaktif dengan kompetensi profesional guru, (4) intensitas penggunaan sumber belajar e-learning dengan kompetensi profesional guru, (5) intensitas penggunaan sumber belajar berbasis teknologi informasi dengan kompetensi profesional guru. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMA Kota Malang. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru PPKn yang tergabung dalam MGMP SMA kota Malang dengan jumlah 46 guru PPKn yang ditentukan dengan tenik proportional purposive sampling dengan merujuk pada tabel Krejcie dan Morgan dengan ditetapkan kurang dari 100 orang, maka sampel diambil semua. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum pengambilan data terhadap 25 guru PPKn yang tergabung dalam MGMP di kota Malang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan analisis uji korelasi pearson untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Tidak terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar audio dengan kompetensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,200> 0,291), sig 0,05 (0,18<0,05). (2) Terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar video dengan komptensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,410> 0,291), sig 0,05 (0,005<0,05). (3) Terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar interaktif dengan komptensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r- tabel (0,365 > 0,291), sig 0,05 (0,01<0,05). (4) Tidak terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar e- learning dengan kompetensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,025 >0,291), sig 0,05 (0,87<0,05). (5) Terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar berbasis teknologi informasi dengan komptensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,399 >0,291), sig 0,05 (0,006<0,05). Kata kunci: sumber belajar berbasis teknologi informasi, kompetensi profesional guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 08:18
Last Modified: 17 Oct 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66203

Actions (login required)

View Item View Item