Fitriana, Ayu and Samsuri, Samsuri (2019) Intensitas Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi Pada Mata Pelajaran PPKn SMA di Kota Malang. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-1-8.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (628kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) intensitas penggunaan sumber belajar audio dengan kompetensi profesional guru, (2) intensitas penggunaan sumber belajar video dengan kompetensi profesional guru, (3) intensitas penggunaan sumber belajar interaktif dengan kompetensi profesional guru, (4) intensitas penggunaan sumber belajar e-learning dengan kompetensi profesional guru, (5) intensitas penggunaan sumber belajar berbasis teknologi informasi dengan kompetensi profesional guru. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMA Kota Malang. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru PPKn yang tergabung dalam MGMP SMA kota Malang dengan jumlah 46 guru PPKn yang ditentukan dengan tenik proportional purposive sampling dengan merujuk pada tabel Krejcie dan Morgan dengan ditetapkan kurang dari 100 orang, maka sampel diambil semua. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum pengambilan data terhadap 25 guru PPKn yang tergabung dalam MGMP di kota Malang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan analisis uji korelasi pearson untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Tidak terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar audio dengan kompetensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,200> 0,291), sig 0,05 (0,18<0,05). (2) Terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar video dengan komptensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,410> 0,291), sig 0,05 (0,005<0,05). (3) Terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar interaktif dengan komptensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r- tabel (0,365 > 0,291), sig 0,05 (0,01<0,05). (4) Tidak terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar e- learning dengan kompetensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,025 >0,291), sig 0,05 (0,87<0,05). (5) Terdapat hubungan positif antara intensitas pnggunaan sumber belajar berbasis teknologi informasi dengan komptensi profesional guru, yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,399 >0,291), sig 0,05 (0,006<0,05). Kata kunci: sumber belajar berbasis teknologi informasi, kompetensi profesional guru
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 08:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 08:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |