Miftahuljannah, Nurika and Marsigit, Marsigit (2019) Keefektifan Pembelajaran dengan Metode Worked Example Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau dari Kemampuan Abstraksi dan Koneksi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMP kelas VII. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (34MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode worked example (WE) berbasis pendekatan matematika realistik ditinjau dari kemampuan abstraksi dan koneksi matematis serta kemandirian belajar siswa SMP kelas VII. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panjatan yang terdiri dari 4 kelas paralel pada tahun 2018/2019. Kemudian dari keempat kelas tersebut dipilih dua kelas secara acak yang kemudian diperoleh kelas VII A dan kelas VII B. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan metode WE berbasis pendekatan matematika realistik dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan metode yang biasa digunakan pada kelas tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan abstraksi matematis, tes kemampuan koneksi matematis, dan angket kemandirian belajar siswa. Sebelum digunakan, intrumen terlebih dahulu divalidasi oleh dua orang ahli. Selanjutnya dilakukan estimasi reliabilitas. Uji statistik menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Efektivitas metode pembelajaran dianalisis menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test karena asumsi prasyarat data kemampuan abstraksi dan koneksi matematis serta kemandirian belajar siswa tidak terpenuhi. Berdasarkan analisis data, tidak ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran terhadap kemampuan abstraksi dan koneksi matematis, serta kemandirian belajar siswa. Berdasarkan analisis data, metode pembelajaran dengan metode WE berbasis pendekatan matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan abstraksi matematis, tetapi tidak signifikan ditinjau dari kemampuan koneksi matemati serta kemandirian belajar siswa SMP kelas VII. Kata kunci: worked example, matematika realistik, kemampuan abstraksi matematis, kemampuan koneksi matematis, kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 01:41 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 01:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |