Efektivitas Scaffolding dengan Media Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik Ditinjau dari Prestasi Belajar dan SelfRegulated Learning di SMP

Fani, Nurfarahin and Rosnawati, R. (2019) Efektivitas Scaffolding dengan Media Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik Ditinjau dari Prestasi Belajar dan SelfRegulated Learning di SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan scaffolding dengan media interaktif, keefektifan scaffolding dengan bantuan guru, dan perbedaan keefektifan antara kedua scaffolding dalam pembelajaran matematika berbasis saintifik ditinjau dari prestasi belajar dan self-regulated learning. Penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain penelitian the pretest-posttest control and experimental group design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian menggunakan empat kelas pada materi Sistem Koordinat. Kelas VIII.A dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen yang diterapkan scaffolding dengan media interaktif. Kelas VIII.I dan kelas VIII.J sebagai kelas kontrol yang diterapkan scaffolding dengan bantuan guru. Instrumen penelitian terdiri dari tes prestasi belajar dan angket self-regulated learning. Teknik analisis menggunakan deskriptif dan statistik uji Hoteling’s Trace. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) scaffolding dengan media interaktif dalam pembelajaran matematika berbasis saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar dan self-regulated learning, (2) scaffolding dengan bantuan guru dalam pembelajaran matematika berbasis saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar dan self-regulated learning, (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara scaffolding dengan media interaktif dan scaffolding dengan bantuan guru dalam pembelajaran matematika berbasis saintifik ditinjau dari prestasi belajar dan self-regulated learning. Kata Kunci : prestasi belajar, saintifik, scaffolding, self-regulated learning

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:34
Last Modified: 17 Oct 2019 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66180

Actions (login required)

View Item View Item