Pengaruh Pendekatan Model - Eliciting Activities Pembelajaran Matematika SMA Berorientasi pada Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Self - Efficacy

Permatawati, Latifah and Karyati, Karyati (2019) Pengaruh Pendekatan Model - Eliciting Activities Pembelajaran Matematika SMA Berorientasi pada Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Self - Efficacy. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: ( 1) pengaruh penerapan pendekatan Model - Eliciting Activities (M - EA) dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada kemampuan penalaran, pemecahan masalah dan self - efficacy , ( 2) keunggulan pe nerapan pendekatan M - EA dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada kemampuan penalaran, ( 3) keunggulan penerapan pendekatan M - EA dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah, dan ( 4) keu nggulan penerapan pendekatan M - EA dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada self - efficacy siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non - equivalent pretest - posttest groups. Populasi penelitian ini adalah se luruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Klaten pada tahun pelajaran 2018/ 2019. Berdasarkan populasi penelitian, diambil dua kelas sebagai subjek penelitian. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen diberikan pendekatan M - EA sedangkan kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol diberikan pendekatan pembelajaran yang diterapkan di sekolah yaitu pendekatan saintifik . Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan penalaran serta kemampuan pemecahan masalah , dan angket self - efficacy . Pengujian pengaruh pendekatan M - EA dilakukan dengan menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) pada statistik uji Hotteling’s T 2 . Adapun pengujian keunggulan pendekatan M - EA dilakukan dengan menggunakan uji F univariat dengan penyesuaian Bonferroni. Hasil penelitian menunjukka n bahwa ( 1) terdapat pengaruh penerapan pendekatan M - EA dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, dan self - efficacy siswa ; ( 2) penerapan pendekatan M - EA lebih unggul dibandingkan den gan pendekatan saintifik jika berorientasi pada kemampuan penalaran ; ( 3) penerapan pendekatan M - EA s lebih unggul dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah ; dan ( 4) penerapan pendekatan M - EA lebih unggul dibandingkan dengan pendekatan saintifik jika berorientasi pada self - efficacy siswa. Kata K unci : M - EA , pemecahan masalah, penalaran, self - efficacy.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:10
Last Modified: 17 Oct 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66179

Actions (login required)

View Item View Item