Perbandingan Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Minat Belajar dan Literasi Matematis Siswa

Junianto, Junianto and Wutsqa, Dhoriva Urwatul (2019) Perbandingan Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Minat Belajar dan Literasi Matematis Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (2) keefektifan pendekatan Problem-Based Learning (PBL), dan (3) perbandingan keefektifan antara pendekatan CTL dan PBL ditinjau dari minat belajar dan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakata, sedangkan sampelnya adalah kelas VIIIB dan VIIIC dengan masing-masing terdiri dari 34 siswa. Kelas VIIIB diberikan perlakuan pendekatan CTL, sedangkan kelas VIIIC diberikan perlakuan berupa pendekatan PBL. Data diperoleh dengan dua instrumen yaitu instrumen non-tes dan tes. Instrumen non-tes berupa kuesioner minat belajar siswa dengan 27 butir pernyataan, sedangkan instrumen tes berupa tes literasi matematis berjumlah enam soal essay. Kedua instrumen diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Deskripsi keefektifan kedua pendekatan pembelajaran dilakukan dengan analisis uji sampel berpasangan dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Uji asumsi dan perbandingan keefektifan pendekatan pembelajaran dianalisis menggunakan MANOVA (Hotteling T ). Selanjutnya, uji posthoc atau lanjutan menggunakan uji t untuk mengetahui perbandingan keefektifan terhadap masing-masing variabel dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL efektif ditinjau dari minat belajar dan literasi matematis siswa dan pendekatan PBL juga efektif ditinjau dari minat belajar dan literasi matematis siswa. Selanjutnya, hasil analisis perbandingan keefektifan menunjukkan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingakan pendekatan PBL ditinjau dari minat belajar dan literasi matematis siswa. Kata Kunci: CTL, literasi matematis, minat belajar, PBL 2

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:35
Last Modified: 16 Oct 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66176

Actions (login required)

View Item View Item